Si Cadiak Pandai - Milenial Belajar Online - BidoeAk Pers

Breaking

BIDOEAK NEWS

Kamis, 08 Oktober 2020

Si Cadiak Pandai - Milenial Belajar Online

Kamis, 17 September 2020


     Sumber : https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/sicadiakpandai

 

Belajar Online

Aplikasi berbasis web, Si Cadiak Pandai namanya. Merupakan kelas maya yang dicipta untuk melengkapi online study siswa SMK/SMA Se Sumatera Barat yang merupakan aplikasi anjuran oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat yang di gunakan dalam pembelajarn daring saat ini. Covid-19 di Sumatera Barat kususnya Kab. Pasaman sampai saat ini tidak juga kunjung membaik. Sebelumnya pembelajaran di SMKN 1 Bonjol menggunakan sesi A dan B setiap minggunya, dimana satu lokal di isi dengan 15-16 siswa sesuai dengan anjuran pemerintah dengan memakai protocol kesehatan yang di anjurkan Pemprov, dilanjutkan dengan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whats App dan Google Cleasroom karena Covid-19 atau yang dikenal dengan Corona Virus semakin menjadi-jadi.

Bapak Ardi Mitra selaku wakil kurikulum SMK N 1 Bonjol, mengatakan bahwa perencanaan penggunaan Si Cadiak Pandai sudah dari awal proses pembelajaran daring. “Karna beberapa masalah respon dari server dan website Si Cadiak Pandai, jadi sementara dimanfaatkan Google Classroom dan sekarang dipakai lagi Si Cadiak Pandai karna anjuran dari Dinas Provinsi” ujarnya di ruang wakil kepala sekolah. Bapak Ardi Mitra juga mengulas, Si Cadiak Pandai juga memberi akses untuk Dinas Provinsi untuk memantau segala proses penilaian dan kegiatan pembelajaran siswa dan guru bidang studinya

Pembekalan Guru

Bapak Adri Aulia Selaku penanggungjawab ICT dan penyelenggara Si Cadiak Pandai  SMK N 1 Bonjol menuturkan guru bidang studi menyediakan bahan materi dan tugas, lalu membuat akun guru dan kelasnya, berikan kode dan sandi ke walas setiap kelas, siswa-siswa meregistrasi dan mengakses kelas online dengan bantuan tutorial dari pihak ICT SMK di youtube. Pembekalan ini dilaksanakan di ICT selama dua hari untuk dua sesi pada hari Selasa (8/9) dan Sabtu (12/9) tentunya dengan menggunakan protocol kesehatan.

Bapak Adri Aulia mewartakan beberapa situasi studi Daring SMKN 1 Bonjol, pengharmonisasian daring dengan Si Cadiak Pandai dari Google Classroom karna masalah server. Keterlibatan siswa SMK di Si Cadiak Pandai kurang lebih 40% dari 720 siswa sampai sore ini (17/9). Bapak Adri Aulia juga menyampaikan solusi untuk siswa yang melakukan pembelajaran offline yang dikarenakan keterbatasan ekonomi, seperti siswa tidak memiliki Hp (Handphone), siswa memiliki Hp tapi tidak punya paket data tapi diberikan bantuan paket data gratis dari pusat, tinggal di daerah yang keterbatasan jaringan, dan ekonomi keluarga yang lemah untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur sekolah agar tetap online supaya PBM sekolah tetap terlaksana.

(Muhamad Haikal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar